Dua Konsep Yang Berbeda

Dalam tutorial bahasa Arab,  terdapat dua konsep yang bebeda. Pertama, mempelajari bahasa. Kedua, belajar bahasa.

Sekilas, dua hal tersebut tampak sama dan tidak berbeda. Namun, bila diamati lebih detil, terdapat perbedaan yang jelas. Perbedaan ini terlihat dalam proses dan out put-nya. Artinya, mempelajari bahasa Arab memiliki metode dan kurikulum tersendiri, demikian juga dengan belajar bahasa Arab, ia pun memiliki metode dan kurikulum khas. Tentu, capaian keduanya pun berbeda.

Mempelajari suatu bahasa berarti mempelajari seluk-beluk bahasa tersebut, seperti sejarah, tata bahasa, dan seluruh pernak-pernik yang terkait dengannya secara keilmuan. Konsep ini menitikberatkan pada proses transformasi pengetahuan yang bersifat kognitif. Hasil akhir dari konsep ini adalah penguasaan ilmu-ilmu bahasa dan bukan ketrampilan berbahasa. Sedangkan, belajar bahasa adalah berlatih bahasa baik secara lisan maupun tulisan. Konsep ini menitikberatkan pada latihan dan penguasaan ketrampilan berbahasa yang bersifat psikomotor. Hasil akhir dari proses ini adalah ketrampilan berbahasa.

Tak jarang, ada yang sudah bertahun-tahun mempelajari bahasa Arab namun tak kunjung bisa berkomunikasi dengan bahasa tersebut baik secara lisan maupun tulisan, kendati telah mengerti, faham dan hafal kaidah-kaidah bahasa di luar kepala. Bisa jadi selama ini, dalam tutorialnya, ia menerapkan konsep mempelajari bahasa Arab, bukan belajar bahasa Arab.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: